14 Mei 2022 Oleh heri 0

SENSUS PENDUDUK LANJUTAN

BPS LAKUKAN SENSUS PENDUDUK DI BULAN MEI-JUNI 2022

doc. koen

Sensus adalah istilah yang dikenal juga dengan sebutan cacah jiwa. Istilah ini biasanya lebih dikenal sebagai sensus penduduk, yaitu perhitungan jumlah penduduk secara periodik. Namun, penggunaan kata sensus tidak terbatas hanya pada sensus penduduk saja.

Sensus adalah cara terstruktur untuk mendapatkan informasi deskriptif tentang jumlah dari sebuah populasi (tidak hanya populasi manusia). Selain sensus penduduk, dikenal pula sebutan sensus pertanian hingga sensus ekonomi. 

Dalam sensus penduduk, data yang dicapai biasanya bukan saja meliputi jumlah orang, tetapi juga fakta mengenai misalnya jenis kelamin, usia, bahasa, dan hal-hal lain yang dianggap perlu. Sensus penduduk biasanya dilaksanakan dalam jangka waktu sepuluh tahun.

Mulai Bulan Mei hingga Juni 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan Sensus Penduduk (SP) Lanjutan (long form).

Sensus Penduduk Lanjutan itu merupakan benchmark indikator kependudukan Indonesia, serta potret demografi Indonesia setelah melewati gelombang ke-2 pandemi Covid-19.

Sensus juga menjadi evaluasi capaian pembangunan di bidang kependudukan pada SDGs dan RPJMD, serta dasar penentuan kebijakan pembangunan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045. 

Baru-baru ini BPS Kabupaten Grobogan telah membuka Pelatihan guna menjalankan Program Sensus Penduduk Lanjutan di Bulan Mei-Juni 2022 dibeberapa hotel di Purwodadi.

Salah satu peserta Pelatihan Sensus Penduduk Lanjutan mengatakan “bahwa sensus penduduk ini sangatlah penting, karena dengan sensus penduduk ini kita dapat mengetahui perkembangan penduduk di Indonesia terutama di Kabupaten Grobogan, itu hanyalah salah satu contoh manfaatnya saja, dan masih banyak lagi manfaatnya”ujarnya….

Dalam melaksanakan Sensus Penduduk Lanjutan ini BPS Kabupaten Grobogan merekrut warga lokal untuk memenuhi kebutuhan tenaga pencacah, dengan harapan hasil yang diharapkan bisa valid sesuai dengan harapan.

Tidak lupa dalam menambah imun dalam melaksanakan pelatihan BPS Kabupaten Grobogan memberikan doorprise sebagai penyamangat agar tidak mengantuk didalam mengikuti kegiatan tersebut…

Adalah Sinung Jatmiko peserta pelatihan yang menerima doorprise dikarenakan dalam menjawab kuisoner yang diberikan oleh instruktur Sinung Jatmiko memperoleh nilai tertinggi. doc.koen