PENANGGULANGAN IBU HAMIL KEK DAN BAYI BGM

PEMERINTAH DESA TANGGUNGHARJO DALAM UPAYA PENANGGULANGAN IBU HAMIL KEK DAN BAYI BGM (BAWAH GARIS MERAH)

PP 8/2016 mengartikan dana desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukan bagi desa yang ditransfer melalui APBD kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Pemerintah Desa Tanggungharjo meleluai Dana APBDesnya yang bersumber dari Pendapatan Dana Desa Tahun ini telah menganggarkan atau menyalurkan Anggaran untuk Kegiatan penanggulangan Ibu hamil KEK dan Bayi BGM (bawah Garis Merah), program ini merupakan prioritas karena sebagai jalan untuk meningkatkan tingkat sumberdaya manusia yang sehat dan berkualitas.

Dibantu Ibu Bidan Desa yaitu Bidan Triyas pemerintah Desa Tanggungharjo menyalurkan PMT untuk Ibu Hamil.

Ibu Hamil KEK itu sendiri adalah kekurangan energi yang memiliki dampak buruk terhadap kesehatan ibu dan pertumbuhan perkembangan janin. Ibu hamil dikategorikan KEK jika Lingkar Lengan Atas (LILA) < 23,5 cm, sedangkan definisi KEK itu Kekurangan Energi Kronis.

Tidak lupa Pemerintah Desa Tanggungharjo juga mengalokasikan anggaran yang bersumber dari Dana Desa untu kegiatan PMT untuk Balita guna mencegah terjadinya Bayai BGM.

Istilah Balita Bawah Garis Merah (BGM) adalah program pemerintah pada masalah kesehatan balita yang lebih prioritas pada balita yang mempunyai timbangan berada dibawah garis merah pada buku KMS (Kartu menuju Sehat), baik PMT untuk Ibu Hamil KEK dan Bayi BGM ini dilaksanakan dalam kurun waktu 90 hari berturut turut. doc Koen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.