REMBUK STUNTING

PEMERINTAH DESA TANGGUNGHRJO MENGADAKAN REMBUK STUNTING

Rembuk stunting berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, PAUD, masyarakat Desa dengan pemerintah Desa dan BPD untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Desa khususnya stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Desa.

doc.koen

Hadir sebagai narasumber kegiatan Rembuk Stunting di Desa Tanggungharjo adalah Bidan Desa yang sering disapa dengan sebutan Mbak Azizah dan Pendaping Desa yang biasa disapa Mbak Puput.

Adapun pemaparan dari Narasumber Bidan Desa meliputi : (1). pembahasan usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif yang disusun dalam diskusi kelompok terarah; dan (2). pembahasan dan penyepakatan prioritas usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif.

doc.koen

Pemerintah Desa Tanggungharjo sendiri sangat mendukung kegiatan ini, karena kegiatan ini sangatlah penting untuk perkembangan kesehatan ditingkat Desa Tanggungharjo itu sendiri, memang benar secara manfaat tidaklah bisa dirasakan secara instan karena ini sifatnya bertahap atau untuk tujuan jangka panjang.

Sedangkan untuk penganggaran itu sendiri dianggarkan dari Sumber Dana Desa Tahun Anggaran 2022

Tujuan :

  1. Menyampaikan hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting kab/kota terintegrasi;
  2. Mendeklarasikan komitmen pemerintah daerah dan menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi;
  3. Membangun komitmen publik dalam kegiatan pencegahan dan penurunan stunting secara terintegrasi di kabupaten/kota

Output :

  1. Komitmen penurunan stunting yang ditandatangani oleh Bupati/walikota, perwakilan DPRD, kepala desa, pimpinan OPD dan perwakilan sektor nonpemerintah dan masyarakat.
  2. Rencana kegiatan intervensi gizi terintegrasi penurunan stunting yang telah disepakati oleh lintas sektor untuk dilaksanakan pada tahun berjalan dan untuk dimuat dalam RKPD/Renja OPD tahun berikutnya.

Hasil kegiatan Rembuk Stunting menjadi dasar gerakan penurunan stunting kabupaten/kota melalui integrasi program/kegiatan yang dilakukan antar OPD penanggung jawab layanan dan partisipasi masyarakat.

Penanggung Jawab :

Bupati/Walikota sebagai penanggung jawab Aksi Integrasi mendelegasikan kewenangannya kepada Sekretaris Daerah untuk membentuk Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Rembuk Stunting.cp/doc.koen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.